Friday, January 17, 2014

Agnostif atau....?

Agnostif.

Adalah sebuah istilah yang gue bikin sendiri untuk mendeskripsikan pandangan lain terhadap suatu paham berdasarkan logika yang seringkali mencakup keadaan dan jaman.

Aslinya, gue tergelitik buat bikin tulisan ini karena khotbah jum'at hari ini yang menurut gue makin lama makin gak mutu. In this case, soal isu kiamat yang di kalenderin suku maya.

Dan di tulisan ini, islam terpaksa gue jadiin subjek gak langsung. Kenapa? Karena emang cuma islam yang gak bisa anteng bikin ribut terus. Dari masalah pencalonan capres sampe MUI dan FPI yang lebih suka sibuk ngomentarin acara gosip dan infotainment daripada ngeberesin fatwa nya yang kaco, sementara agama kristen sang minoritas, adem ayem dan duduk manis.
***

Suku maya bilang, kalo 21 Desember 2012 jam 20.12 bakal terjadi kiamat.

Karena kalender suku maya berhenti di tanggal itu, para "mereka" meng-asumsikan bahwa tanggal tersebut adalah akhir dunia. Menurut gue, bangsa maya pas bikin kalender itu mereka lagi mabok berat abis minum tequila dan gak sanggup buat bikin kalender lanjutannya lagi. 

Yang bikin bingung, kenapa kaum sepinter zionis itu bisa dengan bodohnya kemakan gitu aja sama patokan yang gak rasional.

Masih anget soal isu kiamat .

Udah bisa dipastiin, kalo nanti ketika jumat, dimana semua laki-laki muslim melakukan ibadah shalat jumat, hampir semua khatib akan berkhotbah soal isu kiamat, menceplosi dalil-dalil dan memberi arahan-arahan basi seolah-olah masyarakat sekarang itu begitu bodoh sampe gak bisa bedain mana isapan jempol mana yang informasi beneran.

Dan soal sepele macem itu gak perlu dibahas di khotbah jum'at selama 20 menit. Mungkin ada baiknya para khatib dan ulama mulai ngebahas fitnah dajjal dan musuh" kaum Muhammad yang bakalan dihadapi di akhir jaman nanti.

Terlalu mainstream. Karena ulama kita udah terlalu banyak makan disinformasi. 

Disinformasi darimana?

Ya dari gengsi nya mereka sendiri terhadap teknologi dari kaum yang mereka sebut zionis. Mendingan, daripada susah payah bikin rejeksi sama teknologi mereka, kenapa gak berusaha terima aja? Yang namanya zaman pasti berevolusi.

Padahal gue yakin, mereka sendiri konsumtif sama beberapa teknologi mereka.

Contoh? Televisi dan media elektronik.  

Please, ini bukan jaman jahilliyah. Dengan kata lain, para ulama dan islamis ternama sebenernya secara gak langsung udah melakukan pembodohan terhadap umatnya sendiri.

Maksud gue, seringkali kita mikir terlalu jauh dan gak menghiraukan hal kecil di sekitar kita. Gak perlu lah mikir muluk-muluk. Kenapa nggak nyoba buat bahas hal-hal pokok yang jarang diperhatikan? 

Karena suatu hal besar pasti terjadi akibat rentetan hal-hal kecil. 

Dan begonya lagi, orang indonesia selalu terbiasa buat prepare ketika sang hal besar mau, akan, dan udah terjadi. Sebuah kebobrokan mindset.

Contohlah gempa.

Kalian tau nggak? Selama hampir 2 bulan belakangan sejak oktober sampai desember 2012 sudah terjadi total 60 gempa di indonesia dengan jangka tanggal setiap 3 hari gempa per bulannya. 

Memang baru gempa kecil, tapi coba dipikir, mungkin gak kira-kira kalo serangkaian rentetan gempa-gempa kecil tadi tiba" serentak terjadi dan akhirnya jadi gempa besar?

Disitulah letak kesalahannya, informasi-informasi kecil selalu nggak dimaksimalkan publikasinya, ketika udah terjadi hal besar barulah dicuatkan ke permukaan.

Akibatnya? Telat persiapan dan telat bertindak. Korban banyak berjatuhan dan pemerintah cuma bisa bilang "Saya prihatin" .


***

Jujur, agak capek ngeliat beberapa manusia jaman sekarang menganggap dirinya udah cukup rajin beribadah dan cukup agamis. 

Sok bersih.

Gue yakin kalian sering banget ketemu hal-hal kayak gini di sekitar kalian.

Prinsip agnostif gue selama ini cuma satu:
"Kalo kita selalu berbuat baik ke sesama, gue rasa Tuhan gak cukup tega buat nyemplungin kita ke neraka. Sementara di sisi lain banyak banget film bokep yang ceweknya pake busana tertutup lengkap dengan jilbab."

Emang sih, agama nggak bisa disejajarkan sama logika. Tapi kalian bisa liat sendiri sama realita yang ada sekarang. Terus gimana caranya kalian bisa nangkep ajaran atau suatu paham dari agama kalian yang udah mulai gak rasional dan melenceng dari akarnya? 

Pastinya pake logika kan?

Jadi tulisan gue ini bukan pen-sejajaran, tapi lebih ke sebuah pelurusan dari paham hidup yang selama ini kalian anut.

Coba deh renungin. Udah berapa dalem kalian memahami agama kalian masing-masing, gimana kalian memilah-milih ajaran" yang simpang siur selama ini di agama kalian, dan usaha apa aja yang udah kalian lakuin ketika sang agama udah jauh melenceng.

***

0 comments:

Post a Comment